Meramu Jamu Kunyit Asam

Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Perkenalkan saya A'isyah Nurus Salamah dari kelas XI IPS 3. Dalam blog kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang meramu jamu kunyit asam di bulan ramadhan, sekaligus guna mengikuti pembelajaran mapel Sosiologi. Sebelum itu akan saya jelaskan sejarah jamu kunyit asam. 
    Jamu Kunir asem dikatakan oleh sebagian besar penjual jamu sebagai jamu 'adem-ademan atau seger-segeran' yang dapat diartikan sebagai jamu untuk menyegarkan tubuh atau dapat membuat tubuh menjadi dingin. Ada pula yang mengatakan bermanfaat untuk menghindarkan dari panas dalam atau sariawan, serta membuat perut menjadi dingin. Seorang penjual jamu mengatakan bahwa jamu jenis ini tidak baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil muda sehubungan dengan sifatnya yang memperlancar haid. Ada pula penjual jamu yang menganjurkan minum jamu kunir asam untuk melancarkan haid. 
   Meskipun saya sering mengonsumsi jamu ini tetapi saya tidak tahu bagaimana proses pembuatannya, maka dari itu saya akan berbagi sedikit mengenai pengalamanku dalam proses pembuatan jamu kunyit asam. 
   Jum'at 30 April 2021 kemarin saya telah diberikan tugas untuk membuat jamu. Paginya saya segera membuat tugas tersebut guna untuk melengkapi nilaiku dan mencari pengalaman mengenai cara pembuatan jamu yang telahku pilih dan sering saya konsumsi. Dalam membuat jamu ini perlu kesabaran khusus. Berbeda dengan biasanya kita hanya bisa mengonsumsi jamu ini dengan cara membeli langsung dipasar atau penjual gendong, ini merupakan pengalaman pertamaku dan aku sangat bangga karena dapat membuatnya apalagi dalam bulan puasa aku dapat meminumnya untuk menu pembuka dalam berbuka yang dapat mengembalikan energi kita dan tentunya tubuh menjadi lebih ringan tidak pegal-pegal setelah meminumnya.
   Jamu kunyit asam selain mempunyai manfaat untuk memperlancar haid, dan membuat badan menjadi lebih ringan juga dapat membuat badan menjadi kurus atau dapat digunakan untuk diet ibuku yang mengatakannya. 
    Pembuatan jamu ini sangatlah mudah hanya memerlukan kunyit, asam Jawa, gula Jawa, dan sedikit garam. Proses pembuatan dan alat yang digunakan juga masih tradisional yaitu dengan memarut kunyit (dideplok) kemudian direbus bersamaan bahan lainnya. Untuk meminumnya kita harus menyaringnya terlebih dahulu menggunakan saringan (dapat juga dengan kain kecil) agar ampasnya tidak ikut diminum. Agar menciptakan rasa yang pas diperlukan racikan yang seimbang, karena bila kebanyakan kunyit maka rasanya akan menjadi pahit, seperti proses pembuatanku kemarin. Tidak masalah karena itu pengalamanku pertama kali dalam membuat jamu dan itu wajar setiap orang juga pasti gagal dalam percobaan pertama.
   Itulah pengalaman pertamaku dalam membuat jamu, cukup sekian mohon maaf apabila ada kesalahan dan ketidak nyamanan dalam proses pembuatan jamu kunyit asam yang telah saya berikan
See you next time guys.......🖐️🖐️
Wassalamu'alaikum Wr.Wb


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Silsilah Keluargaku

Perjalanan hidupku

Tumis Daun Pepaya Ala Keluarga Raekanah